Bertempat di Provinsi Hiroshima Jepang, Samudera Indonesia yang kini berusia 52 tahun resmi meluncurkan armada kapalnya dengan nama MT Sinar Morotai pada 2 November 2016 lalu.

Bani Mulia diantara jajaran komisaris dan direksi PT Samudera Indonesia. (ist)

Bani Mulia diantara jajaran komisaris dan direksi PT Samudera Indonesia. (ist)

Dalam acara peluncuran tersebut hadir Shanti L. Poesposoetjipto, Komisaris Utama PT Samudera Indonesia Tbk, Ken Narotama – Komisaris PT Samudera Indonesia Tbk, Bani M. Mulia – Direktur Pengelola PT Samudera Indonesia Tbk dan Tarmizi Amir – Direktur Utama PT Samudera Energi Tangguh.

Kapal berjenis chemical tanker yang dibangun oleh Sasaki Shipbuilding Co Ltd ini memiliki kapasitas angkut sebesar 4.450 m3. Daihei Sasaki, CEO dari Sasaki Shipbuilding Co Ltd mewakili shipbuilder menyampaikan rasa terima kasih kepada Samudera Indonesia yang telah mempercayakan pembangunan kapal barunya dan adanya acara ini lebih memperkuat hubungan baik.

Bani Mulia dalam sambutannya menyampaikan,  sejalan dengan visi Perusahaan untuk Menghubungkan Indonesia, kami menamai kapal-kapal kami dengan nama pulau-pulau dan kota-kota di Indonesia. Kami senantiasa ingin berkontribusi dalam mewujudkan konektivitas barang yang lebih baik dan di saat yang sama mempromosikan negara tercinta, Indonesia.

Sinar Morotai sesuai dengan spesifikasinya rencananya akan digunakan untuk memenuhi kebutuhan pengangkutan produk kimia. Sinar Morotai akan efektif mulai beroperasi pada Maret 2017.

Acara peresmian nama dan peluncuran kemudian ditutup dengan pelemparan kue beras tradisional Jepang kepada penduduk sekitar yang juga menghadiri acara tersebut. Tradisi ini merupakan lambang dari harapan bahwa kapal baru yang selesai dibangun akan menjadi kapal tangguh yang mampu mengarungi samudera selama mungkin. (humas SI)