Pelantikan pengurus DPP INSA dilakukan setelah Ketua Umum terpilih yang didampingi oleh Formatur Pendamping telah rampung membentuk susunan pengurus yang memenuhi persyaratan sebagaimana yang diatur dalam Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) INSA.

“Selamat kepada Ibu Carmelita kedua kalinya menjadi Ketua Umum INSA. Berarti Carmelita disenangi dan efektif saat menjadi Ketua Umum sehingga bisa terpilih untuk menjadi Ketua Umum kedua kalinya,” tutur Rizal dalam acara Pelantikan.

Ketua Umum INSA 2015 -2019, Carmelita Hartoto mengungkapkan berbagai program kerja pun telah dirancang untuk meningkatkan daya saing industri pelayaran nasional.

rizal-ramli79

Program itu di antaranya mendorong pemerintah untuk berkontribusi aktif dalam efisiensi dan peningkatan daya saing industri pelayaran nasional, memaksimalkan pemberdayaan armada merah putih untuk angkutan domestik dan ekspor-impor.

Dia juga meminta pemerintah agar membebaskan bea masuk kapal impor agar tidak dikenakan untuk jenis kapal yang belum mampu diadakan di dalam negeri. Ia juga mendorong sektor perbankan agar memberikan insentif bunga yang kompetitif bagi dunia pelayaran.

Ia memina pemerintah memperjuangkan agar Menteri Keuangan memberikan relaksasi di bidang fiskal untuk industri pelayaran dengan memberikan PPN tidak dipungut atau dibebaskan untuk pembelian BBM kapal niaga untuk kegiatan domestik.