HAMBURG (BeritaTrans.com) – Salah satu kapal kontainer terbesar di dunia, Indian Ocean, kandas di Sungai Elbe, Hamburg, Jerman. Kapal bermuatan 1.300 boks petikemas ini berlayar dari Felixstowe, Inggris.

Kapal sepanjang 396,6 meter tersebut kandas saat proses hendak berlabuh di Pelabuhan Hamburg, Kamis malam. Demikian Komando Pusat Emergensi (Maritim Central Command for Maritime Emergencies/CCME) Jerman seperti dikutip Asian Wall Street Journal, Jumat (5/2/2016).

Pihak CCME dokus untuk memindahkan bahan bakar dari kapal yang kandas Kamis (5/2/2016) malam itu. Bersama dengan kru kapal, digelar pemompaan terhadap 500 kubik meter minyak. Di kapal terdapat 800 ton minyak bakar dan 570 ton minyak gas.

P1090241Setelah pemindahan bahan bakar, akan dilaksanakan upaya mengambangkan kembali kapal. Sebelumnya enam tugboat gagal mengambangkan kapal milik China Shipping Group tersebut.

Dua tugboat, Dolphin dan Bocer, terus mengawasi polusi yang kemungkinan ditimbulkan akibat kandasnya kapal berbendera Hong Kong yang mampu mengangkut hingga 19.000 kontainer 20 feet itu. (dien).